Setiap Lomba Punya Cerita : ter-PHP

     Ini merupakan lomba kedua kalinnya di Malang, aku tidak akan menyebutkan lomba ini dimana dan siapa penyelenggarannya, aku akan lebih bercerita bagaimana lomba ini berjalan. Lomba di salah satu universitas di malang ini adalah lomba yang tidak diikuti SMK N 2 Pacitan selama beberapa tahun dan diikuti lagi setelah tahunku. SMK Negeri 2 Pacitan mengirimkan beberapa tim, aku tidak ingat siapa saja dan berapa tim SMK Negeri 2 Pacitan mengirim timnya untuk berlaga di lomba akuntansi tersebut, yang aku ingat hanyalah disitu coba diadakan semacam revolusi demi pemerataan kemampuan, yaitu aku yang biasannya dipasangkan dengan Andy di lomba-lomba sebelumnya di lomba akuntansi ini aku dipasangkan dengan reza, sedangkan Andy dipasangkan dengan Rio. Aku cukup kaget waktu itu, tapi setelah itu rasa persaingan di SMK Negeri 2 Pacitan dalam hal perebutan juara di setiap lomba akuntansi semakin memanas. Menurutku hal itu cukup baik karena jelas akan berdampak baik bagi sekolah dan jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Pacitan.

     Nah lanjut di perlombaannya, dalam perlombaan tersebut seperti biasa sesi 1 dimulai dengan mengerjakan pilihan ganda secara individu kemudian hasilnya nanti akan diakumulasi dengan rekan se-timnya. namun meskipun hal ini terlihat biasa, justru ternyata setelah hasilnya diumumkan ada hal yang luar biasa terjadi. yaitu Andy yang memperoleh nilai tertinggi di sesi 1 tidak bisa melanjutkan ke sesi 2 karena nilai rekan se-timnya tidak cukup untuk membawannya ke sesi 2. Aku waktu itu cukup kaget. Aku mengira ini akan menjadi perlombaan pertamaku yang akan bertarung dengan Andy di final, tapi ternyata justru malah seperti itulah yang terjadi. Dari sekian tim SMK Negeri 2 Pacitan yang dikirim, tersisa 3 tim untuk mengikuti babak selanjutnya yaitu timku bersama Reza, tim Putri dan Riana, dan tim Yustita bersama Rini.
   Di sesi 2 ini cukup unik dan seru sesinnya karena pada sesi ini 1 tim dimodali poin 100 dan diharuskan membelanjakan semua poinnya untuk membeli soal yang terbagi dengan harga 25,50,75 dan 100. semakin mahal soal semakin sulit soal namun semakin sedikit yang harus dijawab, sedangkan semakin murah soal semakin mudah soalnya namun soal yang harus dijawab banyak. aku dan reza berdiskusi waktu itu dan memutuskan untuk membelanjakan soalnya di harga 25 semua sehingga kami mendapatkan 4 soal. Kemudian kami mengerjakan, dan ternyata benar soalnya memang mudah cuman tetap membutuhkan waktu yang lama untuk menjawabnya yang mengharuskan kami selesai di menit menit akhir.

    Kemudian sesi 2 diumumkan dan 3 tim SMK Negeri 2 Pacitan yang lanjut di babak 2 alhamdulillah juga lolos ke babak akhir atau final, di babak final ini hanya tersisa 5 tim dimana harus memperebutkan juara 1,2 dan 3. dalam babak ini setiap peserta harus memecahkan masalah akuntansi di ruang karantina dan mempersentasikannya di depan juri dan audience. waktu itu aku masih ingat masalahnya adalah disajikan 2 buah laporan neraca dimana neraca perusahaan satu hutangnya lebih besar yang membuat jumlah asetnya juga besar sedangkan neraca perusahaan 2 hutangnya sedikit dan membuat aset perusahaan juga sedikit, nah dari situ tim kami harus menganalisa, menunjukan dan mempersentasikan mana perusahaan yang lebih baik kinerjannya berdasarkan kedua laporan neraca tersebut. selain itu kami juga harus membuat power point singkat saat itu juga. tanpa berpiir panjang akhirnya yang kami persiapkan di power point hanya memindahkan laporan neracannya saja dan bahan perbandingan yaitu liabilitas dan modal sebagai bahan kami berbicara di depan. sembari menunggu giliran persentasi aku dan reza benar-benar mempersiapkan diri sampai puncaknya kami juga mempersiapkan antisipasi pertanyaan dari juri. waktu itu yang kami antisipasi adalah karena kami berbicara atas liabilitas dan modal pasti jurinnya akan menanyakan kenapa bukan asset ? dan kami mempersiapkan jawabannya pada saat itu juga. Hari itu menurutku persentasi terlancar yang pernah aku lalui karena semuannya sudah terencana dan terstruktur dengan baik. Ketika giliran kami mempersentasikan, kami mempersentasikan dengan lancar, dan ketika sesi tanya jawab tiba, antisipasi pertanyaan yang telah kami persiapkan ternyata beneran keluar dan sama seperti yang kami kira bahwa juri akan menanyakan kenapa aset tidak dijadikan acuan ? akhirnya kami menjawab dengan jawaban-jawaban yang kami siapkan.
 Selesai persentasi waktu itu kami langsung dapat ucapan selamat dari sekitar tempat duduk kami dan pembimbing kami yakin kami akan juara 1 serta banyak orang mengira kami akan mendapatkan juara 1. Mereka bilang begitupun bukan karena tanpa dasar tapi dengan melihat dan membandingkan dari persentasi-persentasi peserta lainnya .Pengumuman dilaksanakan malam hari pada saat gala dinner. sehingga setelah persentasi kami kembali ke penginapan istirahat dan mandi, kemudian kembali lagi untuk menyaksikan pengumuman. MC waktu itu menawarkan kepada audience juara berapa dulu yang diumumkan, kemudian dijawablah audience ada yang 1 ada yang 2 ada yang 3. dan MC memilih mengumumkan juara 2 terlebih dahulu. "Juara 2 adalah tim dari....." MC diam diiringi dengan musik yang bikin deg-degan. "SMK Neger 2 Pacitan atas nama.." kami udah hore waktu itu karena menurut kami itu adalah tim dari SMK Negeri 2 Pacitan bukan timku melainkan tim putri bersama riana atau tim yustita bersama rini tapi ternyata semuannya tidak sesuai harapan. Timku harus dipanggil untuk menempati juara 2. Semuannya kaget, ada apa ini ? sedangkan tim yang menurut pembimbingku persentasinnya jauh dari kami dan tidak se-menguasai kami harus menempati juara 1. meskipun kami juara 2 tapi tidak ada rasa senang sama sekali waktu itu. Ketika sesi pemotretan hanya senyum palsu yang bisa aku berikan. kemudian sebelum acara itu selesai kami meminta rekapan nilai, kemudian tidak dikasih. tapi kita sebagai manusia sudah selayaknya mensyukuri. dari 5 besar finalis, 3 tim dari berasalah SMK Negeri 2 Pacitan. Kemudian perolehan juara 2 dan 3 dari tim SMK Negeri 2 Pacitan dan 1 tim harus puas sebagai finalis.




EmoticonEmoticon